Home 6 Info Lirboyo 6 Delegasi MQK Kota Kediri Menuju Probolinggo

Delegasi MQK Kota Kediri Menuju Probolinggo

(Kediri/lirboyo.net) Sebanyak 52 orang santri putra-putri dan 9 orang official Delegasi MQK (Musabaqoh Qiro’atul Kutub) Kota Kediri diberangkatkan menuju Pondok Pesantren Nurul Qodim Paiton Probolinggo, untuk mengikuti MQK Tingkat Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan mulai tanggal 09 Mei 2011 hingga 15 Mei 2011.

Dalam cermonial pemberangkatan yang dilaksanakan di Masjid Al-Hasan komplek Pondok Pesantren LIrboyo ini (07/05), hadir pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri KH. Ahmad Idris Marzuqi dan KH. Imam Yahya Mahrus, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Kediri beserta staf dan beberapa pengurus Pondok Pesantren Lirboyo.

Dalam sambutan atas nama Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, KH. A. Idris Marzuqi mengatakan “ Silahkan ditata niatnya, bahwa inti dari kegiatan ini adalah mencari Ridlo Allah semata, sehingga perasaan akan lebih tenang,” ujar beliau, lebih lanjut Kyai yang juga Mutasyar PBNU ini mengatakan apapun yang diperoleh nantinya, semua wajib bersyukur, sehingga tidak mempunyai beban apapun.

Senada dengan Mbah Kyai Idris Marzuqi, KH. Imam Yahya mahrus mengatakan “salah satu tujuan utama penyelenggaraan MQK ini adalah mengangkat kembali nilai-nilai Pesantren yang saat ini mulai pudar,” ujar beliau tegas, selanjutnya Rektor IAIT Tribakti ini juga menambahkan jika pelaksanaan MQK ini sangat banyak hikmahnya, oleh karenanya segenap delegasi Lirboyo diharapkan lebih bersemangat dan giat.

Dalam sambutan atas nama pemerintah Kota Kediri, Kepala Kantor Kementrian Kota Kediri, Haryono Msi mengatakan “Mewakili segenap jajaran Pemerintah Kota Kediri, kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta dan kami secara khusus menghaturkan terima kasih kepada segenap Kyai yang berkenan hadir memberikan Do’a dan restu,” Ujarnya ramah. Selanjutnya Pak Haryono menambahkan jika seluruh pembiayaan pengiriman delegasi ini, ditanggung sepenuhnya oleh kantor Kementrian Agama Kota Kediri.

Ketua Kafilah (delegasi.red) Pondok Pesantren Lirboyo, Ust. Arif Akbar disela-sela pemberangkatan ketika ditemui Crew Lirboyo.net di Masjid Al-Hasan mengatakan “seluruh delegasi MQK Kota Kediri berasal dari Pondok Pesantren Lirboyo, sehingga kami harus maksimal dalam mempersiapkan semua, termasuk memberikan kursus secara privat dengan metode satu peserta satu pembimbing,” ujarnya.

Salah seorang peserta MQK delegasi Kota Kediri, Abdurahman Auf ketika diwawancarai mengatakan “Secara mental insya Allah saya sudah siap, karena berbagai persiapan yang telah dilakukan,” ujarnya semangat, selanjutnya remaja yang juga Putra KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus ini menambahkan meskipun persiapan yang dilakukan hanya 15 hari, namun dia yakin akan mampu menjawab pertanyaan pada saat pelaksanaan. Seiring dengan jawaban ca’ Aiman (Panggilan akrab Abdurrohman Auf.red) M. Syarif Hakim, peserta pada kategori Ula dengan pelajaran Djurumiyah ini mengatakan “Minta do’a restunya saja, semoga bisa menang,” ujarnya bercanda, remaja putra KH. Anim Falahuddin Mahrus ini menambahkan jika persiapan yang dilakukan sudah prima.rIFF